Sambil menatap
sebuah pesawat terbang yang melewati ribuan kaki di atas kepala, atau
saat kita hendak naik pesawat terbang di bandara, pernahkah kita memperhatikan bahwa sebagian besar pesawat terbang berwarna putih? Tentu,
beberapa diantaranya memiliki garis-garis, dekorasi, dan nama dalam berbagai warna,
namun warna dasar di balik tambahan-tambahan tersebut hampir selalu berwarna putih. Mungkin agak aneh, tapi adakah alasan sebenarnya untuk itu?
Keuntungan Termal
Warna
putih adalah reflektor sinar matahari yang luar biasa, dan hampir
mencerminkan semua cahaya yang ada di atasnya, tidak seperti warna lain,
yang menyerap sebagian cahaya.
Jika kita mengecat pesawat terbang dengan warna selain putih, maka pesawat tersebut akan
menyerap sinar matahari dan memanaskan badan pesawat terbang, yang
merupakan sesuatu yang ingin dihindari. Warna Putih di sisi lain, mencerminkan sinar matahari dan menghindari penumpukan panas secara bertahap di pesawat. Ini
adalah hal yang baik, tidak hanya saat pesawat terbang, tapi juga saat
diparkir di landasan pacu, karena butuh sedikit waktu untuk menenangkan
diri setelah duduk di tanah di lingkungan yang panas dan cerah. Sebenarnya,
beberapa pesawat sebenarnya 'perlu' memiliki pelapis cat putih untuk
menjamin mesin terbang yang terstruktur secara struktural.
 |
| Pakaian putih sering di gunakan ketika pada saat musim panas |
Inspeksi yang lebih mudah dari retakan dan penyok pada badan pesawat
Pesawat secara teratur diperiksa apakah retak, penyok, dan bentuk kerusakan permukaan lainnya (untuk alasan keamanan). Tidak
ada yang bekerja lebih baik dari pada putih ketika harus memeriksa
retakan di permukaan, karena retakannya hampir selalu lebih gelap dari
pada warna putih.
Selain itu, warna putih juga menonjolkan tanda korosi dan bintik-bintik minyak (karena mereka meninggalkan jejak berwarna gelap). Ditambah
lagi, pesawat putih lebih mudah dikenali (secara visual) jika terjadi
kecelakaan atau kecelakaan lainnya, terutama di malam hari, atau di
badan air yang banyak.
Faktor Kurang 'Ilmiah'
Tidak semua alasan dibalik pesawat putih adalah 'ilmiah', Mungkin ada beberapa alasan lain juga, yang tidak bisa diabaikan.
Mengecat itu mahal
Dalam istilah uang, melukis sebuah pesawat terbang tidak seperti melukis pagar. Hal ini membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari sisi uang, tenaga kerja, maupun waktu. Melukis Boeing Airbus biasa memakan waktu antara dua dan tujuh hari, tergantung pada anggaran. Plus,
lebih banyak cat pada badan pesawat berarti bobot yang lebih menyeluruh. Yang secara efektif berarti biaya operasi yang lebih tinggi. Sebagai perusahaan penerbangan,mungkin akan dihindari sebanyak mungkin.
Warna putih tidak luntur
Saat
terbang di ketinggian tinggi, benar-benar terkena berbagai kondisi
atmosfer, pesawat berwarna cenderung memudar, dan karenanya membutuhkan
banyak pekerjaan cat untuk mempertahankan daya tarik estetika pesawat. Sebuah
pesawat berwarna putih, di sisi lain, tidak tampak berbeda secara
signifikan, bahkan setelah menghabiskan banyak waktu di udara.
Labels: fisika